Harapan Tahun Ini? Persatuan Indonesia

Posted: Januari 11, 2010 in nasionalisme, Uncategorized
Tag:, ,

Kita setidaknya memiliki harapan atau keinginan yang ingin terwujud di tahun yang baru. Itulah hal yang kerap muncul,  yang dikenal dengan istilah resolusi tahun yang baru. Resolusi atau harapan biasanya merupakan hasil evaluasi terhadap apa yang sudah terjadi di tahun sebelumnya dan belum terwujud. Sehingga muncul keinginan untuk mewujudkannya. Keinginan lebih didasarkan pada kepetningan individu. Sedangkan harapan lingkupnya lebih luas dan cenderung abstrak.

Keinginan lebih berdasarkan pada ego. Apa yang terjadi selama tahun 2009 dalam skla nasional menunjukan banyak peristiwa mengejutkan yang membawa pada perubahan dan atau akan memasuki masa pembuktian di tahun berikutnya, termasuk pada tahun ini. Di awal tahun 2010, bila kita mengikuti perkembangan informasi melalui media massa, kita akan mendapati berbagai peristiwa atau fenomena yang muncul adalah berupa jkenyataan yang membuat kita cukup berpikir ulang pada resolusi yang ingin dicapai. Kita dihadapakna pada kenyataan yang menujukkan bahwa rasanya akan sulit untuk mewujudkan harapan dan keinginan yang cenderung membahagiakan dan menyejahterakan.

Namun, tuiklisan ini mencoba mengajak pembaca untuk tetap memiliki semangat mewujudkan keinginan dan harapan dengan didasari pada keyakinan akan keberhasilan, konsoistensi dalam mewujudkan serta usaha keras dengan mendisiplinkan diri. Persoalan yang membelit bangsa dan Negara ini yang terus disajikan oleh media dan yang kita amati atau saksikan sendiri seolah menunjukkan betapa rumitnya persoalan dan sekaligus menegaskan bobroknya system yang ada, sehingga pengaruhnya samapi pada kultur masyarakat. Kerumitan yang ada masa kini membuat kita pesimis. Kita sepertinya mengalami kesulitan untuk mengurai substansi permasalahan agar selanjutnya dapat dicari solusinya. Bahkan mungkin kita menjadi apatis terhadap persoalan yang dihadapi oleh bangsa dan negara yang kita cintai ini.

Saya ingin menegaskan bahwa segala persoalan memiliki jalan keluar, tinggal bagaimana kita benar-benar meyakini hal tersebut. Dan kemudian melakukan upaya untuk menuju pada tujuan yang ingin dicapai. Semuanya membutuhkan konsistensi dan kedisplinan serta kerja keras. Karena ini merupakan persoalan bangsa maka perlu usaha bersama dan niat bersama untuk memikirkan jalan keluarnya. Tidak bisa dilakukan sendiri, atau kelompok. Masyarakat secara luas perlu memiliki niat yang sama dan tentunya mengetahui akar permasalahannya.

Selama ini kita hidup dalam system yang disadari atau tidak telah membuat kita sulit lepas dari jerat atau jebakan yang memang dirancang sedemikian rupa sehingga menghancurkan nilai-nilai luhur yang membuat bangsa ini menjadi kuat. Ini yang perlu dikumandangkan secara luas kepada khalayak, bahwa saat ini kita sedang mengalami masa sulit yang bila tidak ada upaya bersama untuk merubah maka kita akan menuju pada kehancuran bangsa ini. Kita mesti memulai dan melakukan apa yang kita bisa untuk memulihkan kondisi yang sedang sakit. Rakyat tahu bangsa ini sedang sakit, tapi rakyat perlu tahu bahwa sakit ini dapat disembuhkan dengan usaha bersama untuk satu tujuan tanpa membedakan apapun latar belakangnya. Persatuan Indonesia menjadi kunci awal untuk menuju kesembuhan, agar harapan dan keinginan kita dapat terwujud.[fas]

Komentar
  1. sugiarno mengatakan:

    Selama masih ada asa, Tuhan akan menolong kita, Insya Allah …..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s