(Masih) Serpihan tentang Sistem dan Makna

Posted: November 26, 2009 in Lingkungan

Ada beragam cara untuk membenahi sistem. Unsur dari sistem yang berpeluang menimbulkan persoalan diperbaiki. Setiap terjadi kebocoran dalam unsur-unsur di dalam sistem maka dilakukan pembenahan.

Hal ini dikenal dengan istilah tambal sulam. Cara lainnya, dengan merombak sistem secara total digantikan dengan sistem yang baru. Namun kedua cara ini akan berhadapan dengan “insting” pelaku yang cenderung mencari celah dalam setiap sistem yang ada. Ini yang sepertinya menjadi kecenderungan perilaku para “oknum” pelaku sistem. Setiap sistem yang diciptakan, dibangun dengan tujuan untuk memperbaiki sistem sebelumnya. Namun dimungkinkan pula bahwa sistem yang diciptakan, dengan sengaja didalamnya diberikan ruang atau celah bagi timbulnya kebocoran.

Empat elemen sistem sosial dalam masyarakat, yaitu: (1) adaptation, (2) goal attainment, (3) integration, (4) latent pattern-maintenance (Poloma, 1984).

Adaptation adalah kemampuan yang dimiliki oleh sistem untuk menjamin apa yang dibutuhkan dari lingkungan serta mendistribusikan sumber-sumber tersebut ke dalam seluruh sistem. Goal attainment berkaitan dengan masalah pemenuhan tujuan sistem dan penetapan prioritas di antara tujuan-tujuan. integration yaitu koordinasi serta kesesuaian bagian-bagian dari sistem sehingga semuanya fungsional. Sedangkan pattern maintenance menunjukkan pada masalah bagaimana menjamin kelangsungan tindakan dalam sistem sesuai dengan aturan norma yang ada (Masdiana, 1998).

Ada setidaknya empat factor yang berpengaruh terhadap keberadaan dan keberlanjutan dari sistem. Pertama, pembuat sistem. Kedua, pelaku sistem. Ketiga, sistem itu sendiri. Keempat, pengontrol sistem. Persoalan lain yang penting untuk dicermati adalah mengenai makna. Makna atas kejadian atau peristiwa. Yang terjadi , kita kerap dihadapkan pada upaya pemaksaan makna, bahkan pada level lanjut terjadi hegemoni makna. [fas]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s