Coretan Awal

Posted: November 24, 2009 in Lingkungan

Cintai Negeri dengan Sepenuh Hati!

Kawan saya pernah mengalami penolakan ketika orang tua pacarnya mengetahui bahwa dia berasal dari suku Jawa. Kawan saya kemudian berkata,” Suruh pindah agama saya bisa, suruh jadi kaya dulu saya siap, tapi saya gak mungkin jadi **** …” (dia menyebut nama etnis dari pacarnya).

Persatuan menimbulkan kekuatan sepertinya menjadi tugas ”berat”

Bagi sebagian orang, menganggap persoalan perbedaan sebagai ”given” yang mesti disyukuri. Namun sebagian yang lain menganggap perbedaan memang ada, maka ”kamu bukan kami”, kita bukan mereka”..Akhirnya, ”kamu mesti ikuti aturan kami” sebelum itu terwujud, maka ”kamu mesti perang dengan kami”.
Bahasa yang sinis, cenderung emotif…

Jalan panjang dan berliku menuju persatuan dan kesatuan sebagai bangsa Indonesia.

Tinggalkan Balasan

