Teknologi sebagai Solusi?

Posted: November 23, 2009 in Uncategorized

 

Mengapa teknologi menjadi pilihan utama menghadapi persoalan di bumi? Cara pandang antroposentris membuat kita (manusia) cenderung memilih teknologi sebagi solusi atas persoalan yang berorientasi ke depan (modern/maju). Produktifitas seolah menjadi harga final atas lahirnya teknologi.

Bagaimana dengan cara pandang ekosentris? Degradasi lingkungan membuat kita berpikir ulang dengan cara pandang kita selama ini yang lebih berpusat pada kepentingan manusia. Kita lupa, bahwa kehidupan di bumi tidak hanya berisi kuimpulan manusia. Ego manusia sebagai mahluk paling unggul di bumi rupanya memenjarakan kita pada pikiran yang menafikan keberadaan mahluk hidup lain.

Kepintaran manusia lewat olah pikir sehingga menghasilkan beragam temuan (teknologi) penting yang berpengaruh terhadap kehidupan lebih berorientasi pada kepentingan manusia daripada kepentingan segenap mahluk yang mendiami bumi.(belum masuk pada ruang antar galaksi :)).

Berpikir kembali bahwa teknologi sebagai solusi peradaban yang memperhatikan kepentingan semua mahluk. Atau kita perlu berpikir bahwa teknologi juga yang menyebabkan kehancuran peradaban…Jangan berhenti untuk berpikir![fas]

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s