Malang Raya ke Depan: Menuntut Partisipasi Kera Ngalam

Posted: November 27, 2009 in Lingkungan, Tata Ruang
Tag:, ,

Memperhatikan peran dan fungsi kegiatannya dalam lingkup lokal,

regional, maupun Nasional maka tata ruang Jawa Timur direncanakan dalam sistem perwilayahan Satuan Wilayah Pembangunan (SWP).

Bagaimana dengan Malang Raya? Satuan Wilayah Pembangunan (SWP) Malang meliputi Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang, dengan pusatnya Kota Malang.

Fungsi kawasan adalah Pusat Pelayanan sekunder jasa pemerintahan, jasa perdagangan, pertanian, perkebunan/agribis, kehutanan dan pariwisata.

Arahan Pengelolaan kawasan :

  • Diarahkan sebagai pusat pertumbuhan wilayah propinsi yang mendukung perkembangan sektor pertanian pangan dan hortikultura,
  • Perkebunan tahunan dan semusim, kehutanan, serta pariwisata alam (ecotourism)
  • Mengendalikan konversi kawasan pertanian beririgasi teknis menjadi kawasan permukiman dan perkotaan
  • Mengendaikan pengelolaan kawasan hutan dengan cara pembatasan eksploitasi hasil hutan
  • Mengendalikan pertumbuhan kota secara ekspansif yang tidak terkendali (urban sprawl) dan pertumbuhan menerus (konurbasi) melalui pengembangan jalur hijau yang membatasi fisik kota
  • Meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan utilitas kota (jalan, persampahan, air bersh, drainage kota) terutama untuk mendukung pariwisata
  • Meningkatkan aksesbilitas Kota Malang ke kota-kota utama lainnya (Malang-Sidoarjo- Surabaya, Malang – Pasuruan – Probolinggo, Malang -Blitar – Tulungagung) dengan memanfaatkan prasarana jalan dan jaringan rel KA secara terpadu.

Lalu, apa yang dapat kita-khususnya warga Malang Raya- lakukan? Mengutip pendapat seorang pengamat sekaligus pakar perencanaan tata ruang, Marco Kusumawijaya, munculnya harapan berupa gejala mengarus-utamanya kepedulian lingkungan di hampir termasuk yang mungkin hanya ikut-ikutan atau memanfaatkannya untuk tujuan-tujuan komersial.

Kita dihadapkan pada pilihan – pilihan yang sebenarnya merupakan single choice (meski penampakannya multiple choice). Artinya, sebagai warga yang sadar akan arti pentingnya kelestarian dan keberlanjutan. Maka pilihan kita adalah mengabdi pada upaya-upaya nyata guna mewujudkan kehidupan kota yang lestari dan berkelanjutan.

Apa yang mesti kita miliki untuk dapat mengabdi pada upaya tersebut?

Meminjam kembali yang ditulis oleh Mas Marco (Kusumawijaya), subyek perlu mengembangkan dua kemampuan: daya kritis dan kemampuan untuk bertindak otonom. [fas]

Kota Batu Kabupaten Malang Kota Malang Malang Raya

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s